tribute to IWAN FALS




Video klip tribute to IWAN FALS digarap para mahasiswa Jurusan Broadcasting 09 Institut Manajemen Telkom Bandung pada akhir Mei 2011. Pengolahan ide, rancangan produksi, hingga eksekusi di pascaproduksi dikerjakan secara keroyokan. Ayu dan Pretty merancang seluruh produksi. Ari menghimpun teman-teman untuk "mengisi" vokal Iwan Fals. Ihsanuddin sebagai produser mesti mengoordinir semua kegiatan. "Uni" Wike jadi komandan paling cerewet saat produksi, dibantu Indra.

Ada juga Achi yang mengutak-atik produksi minus-one hingga perekaman. Cherry ikut sibuk mencatat seluruh adegan. Tiga camera-person juga tak kalah gokilnya; Jihadi, Daniel, dan Wahyudi. Di sela permak-permak wajah, Pepe dan Giska, juga ikutan in frame. Spesial apresiasi, tentu saja, untuk para sinden: Irvando, Reza, Jojo, Ari, Aro, Anti, Nicky, dan Gaby. Suara kalian lebih dasyat dibandingkan suara si Abang.

Tapi, keceriaan, kesahajaan, kelucuan, dan kebersamaan, yang ditunjukkan seluruh artis adalah sukses paling besar atas seluruh produksi. Saya tidak mungkin sebutkan nama kalian satu per satu. Tapi, nama-nama itu tercatat di hati.

Satu hal yang tidak bisa dilaksanakan dalam produksi itu adalah menyanyikan lagu Izinkan Aku Menyayangimu oleh 50 mahasiswa. Akhirnya, hanya beberapa mahasiswa tampil sebagai penyanyi dan mewakili suara teman-temannya. Ari dan Jojo memang harus menyiasati situasi itu.

Premis yang diusung video itu adalah kebersamaan dan keinginan saling berbagai kasih sayang. Karena itu, materi video sebagian berisikan ekpresi dan interaksi dosen dan mahasiswa, mahasiswa dan mahasiswa, serta mahasiswa dan broadcasting.

Terima kasih untuk seluruh kru yang terlibat. Terima kasih untuk IM Telkom Bandung yang menyediakan ruang kreativitas itu. Terima kasih untuk kesungguhan dan cinta. Percayalah, kebersamaan ini akan menjadi sejarah paling dasyat lima tahun, bahkan dua tahun, mendatang.

# Izinkan aku menyayangimu...